INTERNET DALAM PENDIDIKAN
A. Pengaruh Internet Dalam Pendidikan
Internet
memungkinkan pelajar melakukan komunikasi dengan sumber ilmu secara lebih luas
bila dibandingkan dengan hanya menggunakan media konvensional. teknologi
internet menunjang pelajar yang mengalami keterbatasan ruang dan waktu untuk
tetap dapat menikmati pendidikan
a. Dampak Positif Dari Internet :
1.
Mempermudah pelajar untuk mencari informasi.
2.
Mempermudah pelajar untuk menambah ilmu pengetahuan.
3.
Mempermudah pelajar untuk berbagi informasi melalui koneksi internet.
4.
Mempermudah guru untuk mengolah data-data para siswa.
5.
Mempermudah untuk proses belajar dan mengajar.
6.
Dapat mengembangkan kreativitas pelajar dalam hal pengembangan bakat.
b. Dampak
Negatif Dari Internet:
1.
Maraknya perkembangan game online dan jejaring sosial dapat menyita waktu
pelajar untuk belajar dan mencari informasi
tentang pelajaran.
2.
Kurangnya kemampuan berkomunikasi secara verbal dengan orang lain.
3.
Penyalahgunaan jaringan internet untuk tujuan yang bersifat pornografi.
4.
Ketergantungan pelajar pada jaringan internet untuk memperoleh informasi
B.
Manfaat
Internet Dalam Bidang Pendidikan
1. Mempermudah
Pencarian Referensi
Internet
mempermudah pencarian literatur. Hanya dengan mengetikkan kata kunci pada mesin
pencari (search engine) maka akan tersedia daftar tulisan
yang berkaitan dengan kata kunci yang dicari tersebut
2. Menyediakan Fasilitas Multimedia
Sebagai penyedia informasi,
internet memiliki banyak kelebihan daripada buku. Orang dapat membaca,
mendengarkan, menonton video, bahkan menonton TV
melalui internet.
3. Menyediakan Sumber Informasi yang Relatif Murah
Seringkali orang membutuhkan
informasi sesaat, dimana jika ia harus membeli buku maka harganya akan sangat
mahal. Dengan internet orang dapat memperoleh informasi tanpa harus membeli
buku atau majalah.
4. Menyediakan Sumber Pelajaran Tambahan
Melalui internet, orang dapat
mencari informasi tambahan yang tidak diperoleh dari sekolah atau buku
pelajaran.
5. Memudahkan Komunikasi
Internet dapat digunakan untuk saling berkomunikasi melalui email, video, konferensi
jarak jauh, forum, dsb. Hal ini memungkinkan
dilaksanakannya pendidikan jarak jauh. Banyak ahli di berbagai bidang yang
menyediakan ruang konsultasi di situs pribadi mereka atau di situs resmi suatu
lembaga untuk bertanya berbagai masalah.
6. Mendorong Penguasaan Bahasa Asing
Banyak sekali informasi penting
dan menarik yang tersedia dalam bahasa asing terutama bahasa Inggris. Hal ini
akan memotivasi orang untuk meningkatkan penguasaan bahasa Inggris atau bahasa
asing lainnya.
7. Mendorong Kreativitas
Banyak hal yang dilakukan orang
lain yang kita ketahui dari internet dapat memberi inspirasi dan mendorong kita
untuk lebih kreatif dalam berkarya.
C. Perkembangan
Internet Dalam Bidang Pendidikan
Pada era ini
perkembangan internet sudah maju dalam bidang pendidikan , sekarang kita tidak
perlu susah payah untuk mendapatkan pengetahuan. Apabila ingin keperpustakaan
sekarang sudah ada perpustakaan online. Dengan perpustakaan online tersebut
kita akan lebih mudah mencari buku apa yang kita inginkan.
Belajar
dari internet juga dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita. Kita juga bisa
mencari informasi yang belum kita ketahui bahkan berita-berita yang ada
diseluruh dunia kita dapat menggetahui informasi dari dunia manapun.
Perkembangan teknologi komonikasi saat
ini semakin canggih. Kalau pada awalnaya jaringan sarana komunikasi masih
memanfaatkan kabel, maka saat ini jaringan komunikasi sudah memanfaatkan
gelombang elektromagnetik atau gelombang radio yang tanpa kabel. Saat ini
kebanyakan orang sudah memanfaatkan informasi dengan memanfaatkan jaringan data
pada komputer dengan cara mengadakan koneksi ke komputer lain, hal ini dikenal
dengan istilah internet. Dengan adanya jaringan internet ini seseorang dapat
mengakses data apa saja dengan melakukan browsing. Artinya dengan adanya internet ini
masalah ruang tidak menjadi halangan. Sebagai misal kita dapat mengakses data
dari berbagai tempat di Amerika dengan memanfaatkan layanan Yahoo, hanya dalam
hitungan detik, berbagai data berhasil kita akses.
D.
PENERAPAN
INTERNET DALAM BIDANG PENDIDIKAN
Pengolahan
informasi dan pendistribusiannya melalui jaringan telekomunikasi membuka banyak
peluang untuk dimanfaatkan di berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk salah
satunya bidang pendidikan. Ide untuk menggunakan mesin-belajar, membuat
simulasi proses-proses yang rumit, animasi proses-proses yang sulit
dideskripsikan sangat menarik minat praktisi pembelajaran.
Tambahan
lagi, kemungkinan untuk melayani pembelajaran yang tak terkendala waktu dan
tempat juga dapat difasilitasi oleh TIK. Sejalan dengan itu mulailah
bermunculan berbagai jargon berawalan e,
mulai dari e-book,
e-learning, e-laboratory, e-education, e-library, dan sebagainya. Awalan e bermakna electronics yang secara implisit dimaknai berdasar teknologi elektronika digital.
Introduksi
komputer dengan kemampuannya mengolah dan menyajikan tayangan multimedia (teks,
grafis, gambar, suara, dan gambar bergerak) memberikan peluang baru untuk
mengatasi kelemahan yang tidak dimiliki siaran radio dan televisi. Bila
televisi hanya mampu memberikan informasi searah (terlebih jika materi
tayangannya adalah materi hasil rekaman), pembelajaran berbasis teknologi
internet memberikan peluang berinteraksi baik secara sinkron (real time) maupun asinkron (delayed). Pembelajaran berbasis Internet memungkinkan terjadinya pembelajaran secara
sinkron dengan keunggulan utama bahwa pembelajar maupun fasilitator tidak harus
berada di satu tempat yang sama. Pemanfaatan teknologi video conference yang dijalankan dengan menggunakan teknologi
Internet memungkinkan pembelajar berada di mana saja sepanjang terhubung ke
jaringan komputer.
Ada beberapa hal
yang perlu penulis sarankan, agar e-learning ( Pemanfaatan Internet ), di
setiap dunia pendidikan berjalan optimal :
1.
Seharusnya tiap sekolah memiliki
komputer yang dapat diakseskan ke internet ( langkah ini perlu difasilitasi
oleh pemerintah ).
2.
Seluruh sekolah harus memeliki jaringan
telepon.
3.
Perlu Diklat yang dapat melatih guru
agar terampil menggunakan Komputer, seperti Diklat KKPI JARDIKNAS, salah
satunya.
4.
Dan yang tak kalah pentingnya lagi
sebagai langkah " Pre Sercvice Training " seorang mahasiswa calon
guru sudah selayaknya menerima mata kuliah tentang IT
Anggota Kelompok :
1. Armanda Pratama
2. Firdaus Oki Allba
3. Maidah
3. Maidah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar