Jumat, 19 Desember 2014

internet dalam pendidikan



INTERNET DALAM PENDIDIKAN


A.       Pengaruh Internet Dalam Pendidikan
Internet memungkinkan pelajar melakukan komunikasi dengan sumber ilmu secara lebih luas bila dibandingkan dengan hanya menggunakan media konvensional. teknologi internet menunjang pelajar yang mengalami keterbatasan ruang dan waktu untuk tetap dapat menikmati pendidikan

a.       Dampak Positif Dari Internet :
1. Mempermudah pelajar untuk mencari informasi.
2. Mempermudah pelajar untuk menambah ilmu pengetahuan.
3. Mempermudah pelajar untuk berbagi informasi melalui koneksi internet.
4. Mempermudah guru untuk mengolah data-data para siswa.
5. Mempermudah untuk proses belajar dan mengajar.
6. Dapat mengembangkan kreativitas pelajar dalam hal pengembangan bakat.

b.      Dampak Negatif Dari Internet:
1. Maraknya perkembangan game online dan jejaring sosial dapat menyita waktu
    pelajar untuk belajar dan mencari informasi tentang pelajaran.
2. Kurangnya kemampuan berkomunikasi secara verbal dengan orang lain.
3. Penyalahgunaan jaringan internet untuk tujuan yang bersifat pornografi.
4. Ketergantungan pelajar pada jaringan internet untuk memperoleh informasi 

B.        Manfaat Internet Dalam Bidang Pendidikan

1.      Mempermudah Pencarian Referensi
Internet mempermudah pencarian literatur. Hanya dengan mengetikkan kata kunci pada mesin pencari (search engine) maka akan tersedia daftar tulisan yang berkaitan dengan kata kunci yang dicari tersebut

2.      Menyediakan Fasilitas Multimedia
Sebagai penyedia informasi, internet memiliki banyak kelebihan daripada buku. Orang dapat membaca, mendengarkan, menonton video, bahkan menonton TV melalui internet.

3.      Menyediakan Sumber Informasi yang Relatif Murah
Seringkali orang membutuhkan informasi sesaat, dimana jika ia harus membeli buku maka harganya akan sangat mahal. Dengan internet orang dapat memperoleh informasi tanpa harus membeli buku atau majalah.

4.      Menyediakan Sumber Pelajaran Tambahan
Melalui internet, orang dapat mencari informasi tambahan yang tidak diperoleh dari sekolah atau buku pelajaran.

5.      Memudahkan Komunikasi
Internet dapat digunakan untuk saling berkomunikasi melalui email, video, konferensi jarak jauh, forum, dsb. Hal ini memungkinkan dilaksanakannya pendidikan jarak jauh. Banyak ahli di berbagai bidang yang menyediakan ruang konsultasi di situs pribadi mereka atau di situs resmi suatu lembaga untuk bertanya berbagai masalah.

6.      Mendorong Penguasaan Bahasa Asing
Banyak sekali informasi penting dan menarik yang tersedia dalam bahasa asing terutama bahasa Inggris. Hal ini akan memotivasi orang untuk meningkatkan penguasaan bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.

7.      Mendorong Kreativitas
Banyak hal yang dilakukan orang lain yang kita ketahui dari internet dapat memberi inspirasi dan mendorong kita untuk lebih kreatif dalam berkarya.



C.       Perkembangan Internet Dalam Bidang Pendidikan
Pada era ini perkembangan internet sudah maju dalam bidang pendidikan , sekarang kita tidak perlu susah payah untuk mendapatkan pengetahuan. Apabila ingin keperpustakaan sekarang sudah ada perpustakaan online. Dengan perpustakaan online tersebut kita akan lebih mudah mencari buku apa yang kita inginkan. 
Belajar  dari internet juga dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita. Kita juga bisa mencari informasi yang belum kita ketahui bahkan berita-berita yang ada diseluruh dunia  kita dapat menggetahui informasi dari dunia manapun.
Perkembangan teknologi komonikasi saat ini semakin canggih. Kalau pada awalnaya jaringan sarana komunikasi masih memanfaatkan kabel, maka saat ini jaringan komunikasi sudah memanfaatkan gelombang elektromagnetik atau gelombang radio yang tanpa kabel. Saat ini kebanyakan orang sudah memanfaatkan informasi dengan memanfaatkan jaringan data pada komputer dengan cara mengadakan koneksi ke komputer lain, hal ini dikenal dengan istilah internet. Dengan adanya jaringan internet ini seseorang dapat mengakses data apa saja dengan melakukan browsing.  Artinya dengan adanya internet ini masalah ruang tidak menjadi halangan. Sebagai misal kita dapat mengakses data dari berbagai tempat di Amerika dengan memanfaatkan layanan Yahoo, hanya dalam hitungan detik, berbagai data berhasil kita akses.

D.        PENERAPAN INTERNET DALAM BIDANG PENDIDIKAN
Pengolahan informasi dan pendistribusiannya melalui jaringan telekomunikasi membuka banyak peluang untuk dimanfaatkan di berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk salah satunya bidang pendidikan. Ide untuk menggunakan mesin-belajar, membuat simulasi proses-proses yang rumit, animasi proses-proses yang sulit dideskripsikan sangat menarik minat praktisi pembelajaran.
Tambahan lagi, kemungkinan untuk melayani pembelajaran yang tak terkendala waktu dan tempat juga dapat difasilitasi oleh TIK. Sejalan dengan itu mulailah bermunculan berbagai jargon berawalan e, mulai dari e-book, e-learning, e-laboratory, e-education, e-library, dan sebagainya. Awalan e bermakna electronics yang secara implisit dimaknai berdasar teknologi elektronika digital.
Introduksi komputer dengan kemampuannya mengolah dan menyajikan tayangan multimedia (teks, grafis, gambar, suara, dan gambar bergerak) memberikan peluang baru untuk mengatasi kelemahan yang tidak dimiliki siaran radio dan televisi. Bila televisi hanya mampu memberikan informasi searah (terlebih jika materi tayangannya adalah materi hasil rekaman), pembelajaran berbasis teknologi internet memberikan peluang berinteraksi baik secara sinkron (real time) maupun asinkron (delayed). Pembelajaran berbasis Internet memungkinkan terjadinya pembelajaran secara sinkron dengan keunggulan utama bahwa pembelajar maupun fasilitator tidak harus berada di satu tempat yang sama. Pemanfaatan teknologi video conference yang dijalankan dengan menggunakan teknologi Internet memungkinkan pembelajar berada di mana saja sepanjang terhubung ke jaringan komputer.

Ada beberapa hal yang perlu penulis sarankan, agar e-learning ( Pemanfaatan Internet ), di setiap dunia pendidikan berjalan optimal :
1.      Seharusnya tiap sekolah memiliki komputer yang dapat diakseskan ke internet ( langkah ini perlu difasilitasi oleh pemerintah ).
2.      Seluruh sekolah harus memeliki jaringan telepon.
3.      Perlu Diklat yang dapat melatih guru agar terampil menggunakan Komputer, seperti Diklat KKPI JARDIKNAS, salah satunya.
4.      Dan yang tak kalah pentingnya lagi sebagai langkah " Pre Sercvice Training " seorang mahasiswa calon guru sudah selayaknya menerima mata kuliah tentang IT



Anggota Kelompok :
1.     Armanda Pratama
2.     Firdaus Oki Allba
3.     Maidah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar